Wajah Berwibawa Para Penghulu

Saya merasa sangat beruntung bisa memotret beberapa orang penghulu dari Nagari Sumpu – Tanah Datar sekaligus dalam satu kesempatan. Walau tidak semua penghulu bisa saya potret satu persatu, minimal inilah seluruh wajah-wajah berwibawa yang hadir pada acara Baralek Gadang di Nagari Sumpu – Tanah Datar pada bulan April 2016 yang lalu. Kesempatan ini tentu tidak mungkin didapat dengan mudah. Karena selain Baralek Gadang yang tidak setiap saat ada, juga tidak mudah untuk meminta kesediaan para penghulu ini untuk dipotret satu persatu.

Di daerah Minangkabau, penghulu sangat dihormati. Para penghulu ini adalah pemimpin adat dan representasi dari suku-suku yang ada di daerah Minangkabau. Setiap suku juga bisa mempunyai beberapa penghulu untuk memimpin para kemenakannya, terutama jika jumlah kaum dalam sukunya banyak. Untuk bisa jadi penghulu, yang nantinya bergelar Datuk, diperlukan beberapa persyaratan. Seseorang haruslah arif bijaksana, punya pengetahuan dan memiliki jiwa kepemimpinan agar bisa menjadi penghulu sebuah suku.

Prosesi pengangkatan penghulu di daerah Minangkabau merupakan pesta besar, bahkan lebih besar dari pesta perkawinan. Ini disebabkan banyak pihak yang terlibat dalam prosesi pengangkatan penghulu ini. Bahkan untuk biayanya pun ditanggung bersama oleh seluruh kaum suku tersebut. Sehingga istilah prosesi pengangkatan penghulu ini juga disebut Baralek Gadang, yang dalam Bahasa Indonesianya adalah Pesta Besar.

Sebagian besar dari beliau ini saya biarkan untuk berekspresi secara natural, yang saya atur hanyalah di mana duduknya. Sedangkan pose, sebagian besar para penghulu ini sudah tidak perlu terlalu diarahkan. Dipotret pada sore hari dengan kamera Fujifilm X100T kesayangan saya, ditambah dengan 2 YN Speedlight dan softbox. Saya sengaja memotret di F4 untuk mendapatkan ketajaman dan DOF yang cukup untuk membuat latar belakang jadi blur.

Arifin Dt. Tanbasa
Arifin Dt. Tanbasa
Ammar Dt. Basa Nan Tinggi, S.Kar.
Ammar Dt. Basa Nan Tinggi, S.Kar.
Nadirman Dt. Mulia, S.Pd.
Nadirman Dt. Mulia, S.Pd.
Agustiar Dt. Rangkayo Basa
Agustiar Dt. Rangkayo Basa
Yursaf Dt. Gamuak
Yursaf Dt. Gamuak
Ade Hendriko Dt. Saripado Ketek
Ade Hendriko Dt. Saripado Ketek
Helmi Fauzi Dt. Kayo
Helmi Fauzi Dt. Kayo