Tajamkan Fotomu Menggunakan Metode High Pass Di Adobe Photoshop Sebelum Diunggah Ke Media Sosial

Seringkali banyak yang mengeluh fotonya kurang tajam ketika diunggah ke media sosial, misalnya Facebook dan Instagram. Facebook dan Instagram sebenarnya sudah memberikan panduan untuk gambar HD (High Quality) diharuskan memiliki sisi terpanjang 2048px. Lalu jika kita sudah mengunggah foto dengan ukuran tersebut apakah akan pasti terlihat tajam? Belum tentu! Foto yang kurang tajam banyak penyebabnya, bisa karena lensa yang jelek bisa juga karena fokus meleset. Jika lensamu jelek atau fokus waktu memotret salah, walaupun diunggah sesuai ukuran yang ditentukan sudah pasti fotomu akan terlihat tidak tajam.



Bisakah sebuah foto dibuat terlihat tajam? Bisa! Kecuali karena kesalahan fokus atau buruknya kualitas lensa. Ada beberapa metode yang digunakan untuk menajamkan sebuah foto, salah satunya menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop yang cukup populer. Di Photoshop sendiri sebenarnya juga sudah tersedia fitur penajaman otomatis, namun kadang-kadang hasilnya kurang memuaskan. Aku lebih suka menggunakan metode High Pass Filter. Jika tertarik, silakan ikuti langkah-langkah berikut. Dan aku juga sudah menyediakan action gratis untuk mempercepat proses yang bisa diunduh.

Buka foto yang ingin dipertajam di Adobe Photoshop. Sebaiknya zoom (1) sebesar 100% (2) seperti terlihat di gambar

Ganti ukuran gambar dan tentukan sisi terpanjang 2048px

Buat 2 layer dengan mengcopy background. Bisa dilakukan dengan menekan tombol CTR+J (Win) CMD+J (Mac) sebanyak 2 kali. Lalu Layer 1 konversi menjadi Smart Object.

Tambahkan Filter Blur->Gaussian Blur dengan 2,5px saja (nanti bisa diubah-ubah karena layernya sudah dijadikan smart object yang otomatis jika kita menggunakan adjustment filter maka filternya menjadi smart filter).

Pindahkan kursor ke Layer 1 copy kemudian konversi menjadi smart object.

Tambahkan filter High Pass dengan nilai 2,5 px (sama dengan nilai graussian blur tadi)

Kemudian ubah blending mode Layer 1 copy dari normal menjadi Linear Light.

Sorot Layer 1 dan Later 1 copy kemudian jadikan sebuah group dengan mengunakan tombol CTR+G (Win) atau CMD+G (Mac)

Klik tombol Negatif Masking (1) sambil menekan tombol Alt. Pastikan foreground (2) adalah putih, lalu gunakan tombol Brush (3) dengan Flow 20% agar proses brushing bisa bertahap (4. di screenshoot salah karena disitu smoothing yang 20%). Lalu brush bagian-bagian yang ingin dipertajam. Bisa semua bagian atau bagian tertentu saja. Jika hasilnya kelewat tajam kamu bisa mengurangi opacity sharpening group. Jika kurang tajam bisa dipertajam dengan menambah nilai gaussian blur dan high pass tadi, misalnya menjadi masing-masing 3px.

Jika proses mempertajam selesai, silakan klik menu Edit->Export->Export As…

Pastikan dieksport dalam format JPG, sisi terpanjang 2048px seperti di gambar.

Langkah di atas tidak terlalu susah, jika kamu ingin melalukan langkah-langkah tersebut hanya dengan 1 kali klik saja sebelum mulai menggunakan brush silakan unduh Sharpening Action yang kusediakan di sini: SHARPENING ACTION