Portrait dan Landscape Dalam Fotografi yang Membuat Orang Salah Kaprah

Seringkali kita mendengar atau membaca istilah Portrait dan Landscape dalam fotografi, tapi banyak yang salah kaprah tentang kedua istilah tersebut. Bahkan ada yang membuat hashtag #portrait untuk foto binatang (mungkin bercanda). Tentu kita bisa bercanda dalam fotografi, tetapi jika menggunakan istilah yang keliru hanya akan menunjukkan bahwa kita memang tidak mengerti sepenuhnya dengan apa yang kita katakan atau tulis. Di media sosial, kekeliruan menggunakan suatu istilah dalam konteks yang tidak tepat bisa jadi bahan olok-olokan, baik secara langsung maupun diam-diam.

1. Orientasi
Sering juga disebut Format atau Ukuran Foto. Sebuah foto memiliki ukuran, yaitu lebar (sisi horizontal) dan tinggi (sisi vertikal). Lebar selalu disebut terlebih dahulu, misalkan ukuran 4×5 berarti foto tersebut memiliki lebar 4 dan tinggi 5. Ukuran ini bisa berupa inchi yang biasanya untuk keperluan pencetakan, bisa juga berupa pixel untuk keperluan tampilan digital. Jika ukuran lebar lebih pendek daripada tinggi, misal 2×3, 4×5 dst maka format foto tersebut dinamakan Portrait. Sedangkan jika lebar lebih besar daripada tinggi, misal: 3×2, 16×9 dst maka format foto tersebut dinamakan Landscape.

ORIENTASI atau UKURAN atau FORMAT

2. Obyek
Jika obyek foto tersebut adalah orang, maka foto tersebut disebut Portrait. Pada mulanya hanya foto yang obyeknya orang yang difoto di bagian dada hingga kepala saja. Namun dalam perkembangannya foto orang yang full body juga dimasukkan ke dalam kategori ini. Sedangkan foto Landscape obyeknya pada umumnya adalah alam atau lingkungan. Dalam sebuah foto Landscape bisa saja terdapat orang di dalamnya, tetapi orang tersebut bukanlah obyek utama dalam foto.

Anisa
PORTRAIT
LANDSCAPE

Kesimpulannya bahwa Portrait dan Landscape merujuk kepada 2 hal, Ukuran Foto (kadang disebut format atau orientasi) dan Obyek Foto. Dalam postingan-postingan di media sosial, jika orang menyebut (kadangkala dengan membuat hashtag dengan lambang #) portrait atau landscape berarti mengacu kepada obyek foto. Apakah sebuah foto yang obyeknya binatang ketika ditampilkan dalam ukuran 4×5 bisa disebut portrait? Tentu saja tidak dan jika ada yang menyebutnya demikian maka dapat dipastikan orang tersebut tidak mengerti sepenuhnya dengan definisi dan penggunaan istilah Portrait dan Landscape.

PORTRAIT dalam format LANDSCAPE
LANDSCAPE dalam format PORTRAIT

Kedua foto di atas adalah contoh kombinasi penggunaan istilah Portrait dan Landscape yang tepat. sebuah portrait (mengacu kepada obyek) bisa diambil, dicrop lalu ditampilkan dalam format landscape (mengacu kepada orientasi atau ukuran). Demikian pula sebaliknya, sebuah foto landscape bisa ditampilkan dalam format portrait.

Leave a Comment