Haruskah Berlangganan Lightroom CC, Aplikasi Terbaru Dari Adobe?

Jika Anda selama ini adalah pengguna Lightroom, apakah dengan berlangganan atau membeli lepas aplikasinya, sekarang tersedia alternatif baru bernama Lightroom CC. Ini adalah Lightroom versi cloud-base, yang memungkinkan semua foto disimpan, dikelola dan diedit dengan menyimpannya di cloud storage. Lalu kemana Lightroom yang selama ini Anda pakai? Yang versi standalone (versi 6) tetap ada namun tidak akan diperbaharui lagi, sedangkan Lightroom CC 2015 berubah nama menjadi Lightroom Classic CC.

Apakah Anda harus berlangganan Lightroom CC? Itu semua tergantung kebutuhan Anda. Ada beberapa pilihan yang tersedia dalam paket photography dari Adobe:

1. Lightroom Classic CC
Ini adalah nama baru untuk Lightroom CC 2015 sebelumnya. Anda akan mendapatkan aplikasi Lightroom CC, Lightroom Classic CC, Photoshop CC dan 20GB penyimpanan di cloud. Biaya berlangganan adalah Rp 134.800,- per bulan.

2. Lightroom CC
Ini adalah aplikasi baru yang berjalan di desktop, smartphone dan tablet. Memungkinkan semua foto Anda tersinkronisasi di semua perangkat di mana aplikasi terpasang. Semua file foto, termasuk RAW akan tersimpan di cloud storage yang disediakan Adobe. Anda akan mendapatkan aplikasi Lightroom CC, Lightroom Classic CC, Photoshop CC dan 1TB penyimpanan di cloud. Biaya belangganan adalah Rp 269.800,- per bulan (Untuk yang sudah berlangganan paket Photography mendapatkan diskon menjadi Rp202.300,- per bulan di tahun pertama).

Mana yang akan Anda pilih? Buat saya paket pertama sudah cukup seperti yang selama ini saya gunakan. Jika Anda seorang profesional dan memiliki koneksi internet yang super cepat serta memerlukan intensitas kerja yang tinggi, mungkin tidak ada salahnya Anda memilih paket kedua.