Foto Itu Harus Bermakna

Kalau kita perhatikan foto di atas, itu hanyalah foto biasa saja, terutama buat orang awam. Foto sepasang manusia yang sedang bernyanyi duet dengan kemesraan mereka, sementara para hadirin sibuk sendiri dan hanya fotografer yang melihat momen ini dan memotretnya. Mata kita pun akan langsung tertuju pada pasangan yang sedang berduet ini. Foto yang bagus, tetapi mungkin hanya spesial buat pasangan yang difoto.

Tetapi coba lihat foto yang belum saya crop di bawah ini. Kehadiran wanita di sudut kiri bawah, membuat foto ini lebih sarat makna. Di antara ketidakpedulian hadirin yang lain, ternyata ada seseorang yang memperhatikan pasangan ini bernyanyi. Tentu pandangan wanita di sudut ini bisa bermacam arti. Bisa saja karena senang mendengar lagunya, bisa saja karena kagum melihat kemesraan pasangan yang sedang bernyanyi atau kalau mau menilai sedikit “nakal” menilainya, dia sedang mendambakan kemesraan seperti yang diperlihatkan pasangan yang sedang bernyanyi. Namun, kehadiran wanita di sudut itulah yang membuat foto ini menjadi kuat dan sarat makna.

40539046-YM

Note:
Foto2 ini adalah ilustrasi tentang makna sebuah foto, apapun emosi yang ada di foto2 ini hanya mereka sendiri yang mengetahuinya. Saya hanya menginterprestasikan dari persfektif fotografi.