Apa Artinya Pixel, Resolusi dan Rasio dari Sebuah Foto?

Kata “pixel” berarti elemen gambar. Setiap foto, dalam bentuk digital, terdiri dari pixel. Pixel adalah unit informasi terkecil yang membentuk sebuah gambar. Biasanya bulat atau persegi, biasanya disusun dalam grid/kisi 2 dimensi. Setiap pixel menyimpan informasi warna dari sebuah foto atau gambar. Biasanya akan menyimpannya dalam 3 komponen, yang dikenal sebagai RGB (Merah, Hijau, Biru), atau 4 komponen, yang dikenal sebagai CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, black).

Jumlah warna berbeda yang dapat diwakili oleh pixel bergantung pada jumlah informasi yang tersimpan untuk setiap pixel. Informasi disimpan sebagai bit, semakin banyak bit per pixel (bpp) yang tersimpan, semakin banyak warna yang dapat diwakili oleh pixel. Misalnya, dalam kasus yang paling sederhana, jika hanya satu bit informasi yang disimpan untuk sebuah pixel, maka itu berarti hitam atau putih. Warna terdiri dari lebih dari 1 bit per pixel.

Rasio atau Dimensi

Yang dimaksud dengan rasio atau dimensi adalah perbandingan panjang dan lebar dari sebuah gambar. Seringkali orang mengatakannya sebagai ukuran foto. Pada zaman digital sekarang ini sensor kamera pada umumnya berdimensi standar 2:3 (APSC dan Full Frame) atau 4:5 (Medium Format). Misalkan kamera DSLR atau Mirrorless Anda memiliki 24 Megapixel, maka dalam pixel ukurannya lebih kurang 4000×6000 pixel karena berdimensi 2:3. Sekaligus akan menghasilkan gambar standar dengan resolusi 4000×6000 pixel.

Sebagai contoh, foto utama di artikel ini ukuran atau rasio atau dimensinya adalah 9:16 (tinggi=9, lebar=16), seringkali orang menyebutnya 16:9 wide format. Ini yang terlihat kasat mata di layar monitor Anda. Sementara berapa pixel panjang berapa pixel lebar termasuk ukuran besar filenya tidak akan tampak.

Resolusi

Jumlah piksel dalam gambar kadang-kadang disebut sering disebut sebagai resolusi. Jika kita menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan jumlah pixel, satu konvensi adalah untuk mengekspresikan resolusi sebagai lebar dengan tinggi, misalnya resolusi monitor 1920 × 1080. Ini berarti ada 1920 pixel dari satu sisi ke sisi yang lain, dan 1080 pixel dari atas ke bawah.

Konvensi lainnya adalah untuk mengekspresikan jumlah piksel sebagai satu nomor, seperti kamera 5 megapixel (satu megapixel = satu juta pixel). Ini berarti piksel sepanjang lebar dikalikan dengan pixel sepanjang tinggi gambar yang diambil oleh kamera sama dengan 5 juta pixel. Dalam kasus monitor 1920 × 1080 kami, bisa juga dinyatakan sebagai 1920 x 1080 = 2.073.000, atau 2,1 megapixel.

Berapa Banyak Pixel yang Saya Butuhkan?

Sekarang setelah kita menjawab pertanyaan “Apa itu Pixel?” mari kita periksa berapa banyak dari mereka yang Anda butuhkan dalam gambar Anda.

Resolusi gambar menggambarkan jumlah detail yang ada pada gambar. Istilah ini bisa diaplikasikan pada gambar digital, gambar film, dan cetakan. Intinya adalah resolusi yang lebih tinggi berarti detail gambar lebih banyak. Karena itu produsen kamera selalu berusaha menjual kameranya dengan jumlah megapixel.

Jawaban berapa banyak piksel yang “cukup” tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dengan gambar itu, dan seberapa besar Anda ingin memperbesarnya. Semakin besar gambar yang Anda inginkan maka semakin besar megapixel yang dibutuhkan. Jika Anda ingin mendapatkan gambar dengan ukuran besar dari file yang megapixelnya kecil, maka yang terjadi adalah pixelation yang berakibat detail gambar menjadi berkurang kualitasnya.

Untuk cetakan bermutu tinggi, idealnya Anda memiliki minimal 300 pixel per inchi di setiap sisi. Ini berarti untuk cetakan 10″x 12″ (10R, kira-kira 25,4cm x 30,5cm), Anda memerlukan 300×10 pixel dikalikan 300×12 pixel atau sama dengan 10.800.000 (11 Megapixel).

Semoga bermanfaat!